SINOPSIS MARMUT MERAH JAMBU

SINOPSIS MARMUT MERAH JAMBU
SINOPSIS MARMUT MERAH JAMBU
KARYA RADITYA DIKA
          Suatu hari Dika (Raditya Dika), seorang pemuda yang canggung, datang ke rumah Ina (Anjani Dina), cinta pertamanya sewaktu SMA. Dika datang membawa seribu origami burung bangau di tangan kanannya, dan undangan pernikahan Ina di tangan kirinya. Besok, Ina akan menikah.

            Kedatangan Dika diterima oleh Bapak Ina (Tio Pakusadewo) yang galak. Bapak Ina curiga kedatangan Dika untuk kasus “cinta lama yang belum selesai” dan berpikir bahwa Dika ingin menggagalkan pernikahan anaknya. Agar tidak diusir, Dika menceritakan maksud sebenarnya membawa origami tersebut, yang sesungguhnya jauh dari tuduhan Bapak Ina.


            Seiring dengan Dika bercerita, kita melihat masa lalu Dika (Christoffer Nelwan) secara visual. Dika memulai cerita dengan  menjelaskan bahwa di SMA dulu, dia berteman akrab dengan Bertus (Julian Liberty), sahabatnya yang tidak kalah cemen. Pada masa ini, Dika SMA jatuh cinta diam-diam kepada Ina. Sedangkan Bertus, punya target gebetannya sendiri. Baik Dika dan Bertus sama-sama sadar, untuk mendapatkan cewek di sekolah, mereka harus populer.

            Usaha untuk populer ini berakhir pada Dika dan Bertus membuat grup detektif bersama Cindy (Sonya Pandarmawan) yang nyentrik. Bertiga, mereka menyelesaikan kasus-kasus absurd yang terjadi di sekolahnya. Dimulai misteri hilangnya bola basket guru olahraga hingga ke misteri surat ancaman ketua OSIS. Semakin banyak kasus yang mereka selesaikan oleh grup detektif ngawur ini, semakin dekat Dika dengan tujuan akhirnya: jadian sama Ina.

            Namun, sebelum Dika bisa jadian dengan cinta pertamanya, dia harus memilih antara persahabatannya dengan Bertus dan Cindy dengan kisah cintanya. Dika juga harus lebih populer dari  cowok gebetan Ina, yaitu Michael (Axel Matthew Thomas), cowok idola yang berambut wangi dan vegetarian.

Di masa sekarang, semakin Dika bercerita tentang masa lalunya, semakin Bapak Ina tertarik untuk mendengarkannya hingga selesai. Hubungan mereka pun semakin cair. Lalu, seiring dengan Dika bercerita, seiring itu pula dia sadar: ada yang belum selesai dari masa lalunya. Seiring itu pula dia bertanya: benarkah cinta pertama tidak akan kemana-mana?

            Dika kembali menghubungi Bertus (Mohammed Kamga) yang kini berbeda dari dulu, mereka harus memecahkan satu-satunya kasus yang belum mereka selesaikan: ‘ancaman untuk kepala sekolah’, untuk itu Dika harus bertemu dengan Cindy (Franda). Berhasilkah Dika mengungkap misteri kasus, sekaligus cintanya?