CARA AMPUH MEMPERBAIKI HP BOOTLOOP

CARA AMPUH MEMPERBAIKI HP BOOTLOOP

Cara Ampuh Memperbaiki HP Bootloop

Sebelum memasuki cara mengatasi HP bootloop tanpa PC. Kamu harus tau dulu, apa saja sih penyebab HP bootloop? Yuk lansung aja perhatikan di bawah ini.

Penyebab HP Bootloop

1. HP Sudah Di-root

Android Sudah Di-root
Android Sudah Di-root
Penyebab pertama adalah HP kamu yang sudah di-root. HP yang sudah di-root memang memberikan kelebihan salah satunya adalah dapat membobol WiFi di Android.

Jika kamu merasa bingung dengan HP kamu, kamu bisa cek HP Android yang sudah di-root atau belum.
HP yang sudah di-root akan membuat sistem Android menjadi error dan lebih rentan terkena virus sehingga hal ini yang bisa menjadikan HP bootloop.

2. Kesalahan Pada Flashing ROM

Flashing ROM
Flashing ROM
Penyebab selanjutnya adalah kesalahan ketika melakukan flashing ROM. Tujuan melakukan flashing ROM untuk mengoptimalkan kinerja sistem/OS.
Jika salah dalam melakukan flashing ROM, HP kamu akan langsung menjadi bootloop. Jadi hati-hati ketika melakukan flashing ROM ya.

3. Salah Memberikan Izin Akses Pada Aplikasi

Hak Izin Akses
Hak Izin Akses
Penyebab selanjutnya adalah salah memberikan izin akses pada aplikasi. Pada dasarnya semua aplikasi aman-aman saja jika kamu download dari Google Play Store.

Sebaliknya, ada hal fatal jika download aplikasi Android di luar Play Store. Setiap aplikasi akan membutuhkan hak izin akses untuk apa yang dibutuhkan aplikasi tersebut.
Jika ada aplikasi yang tidak kamu kenal atau berbahaya meminta izin untuk hak akses, sebaiknya jangan kamu berikan. Itu bisa saja membuat HP menjadi bootloop.

4. Merubah Isi Script Pada Folder Sistem

Isi Script Sistem
Isi Script Sistem
Penyebab selanjutnya adalah merubah isi script pada setiap folder sistem. Setiap Android memiliki folder sistem yang berisikan file-file dengan script.
Jika kamu tidak mengerti dengan script, sebaiknya jangan mencoba untuk membukanya apalagi sampai merubah isi script tersebut.

5. Upgrade OS Tidak Sesuai dengan Spesifikasi HP

Upgrade OS Smartphone
Upgrade OS Smartphone
Penyebab selanjutnya adalah upgrade OS tapi tidak sesuai dengan spesifikasi HP. Pada dasarnya setiap HP pasti memiliki OS.
Kamu juga bisa upgrade OS tersebut menjadi terbaru. Namun, tidak semua itu untuk upgrade OS di Android.
Kamu harus memperhatikan spesifikasi dari setiap OS dan harus disesuaikan dengan spesifikasi Android kamu. Jika kamu memaksakan, HP Android akan terkena bootloop.
Jika sudah mengetahui apa saja penyebab HP bootloop. Nah, kini kita akan membahas cara mengatasi HP bootloop.

Cara Mengatasi HP Bootloop

1. Bootloop Ringan

Restart Android
Restart Android
Untuk bootloop ringan, kamu bisa mengatasinya dengan me-restart HP atau cabut baterai HP.
Jika HP kamu baterai non-removable alias tidak bisa di copot. Kamu bisa diamkan hingga mati sendiri. Jika sudah kamu bisa hidupkan kembali HP tersebut.

2. Bootloop Parah

Untuk bootloop yang sudah parah, kamu bisa mengatasinya dengan cara yang ada di bawah ini.
Pertama, buat HP masuk kedalam “Recovery Mode” dengan menekan tombol volume Up+Down dan tombol power secara bersamaan.
Masuk ke Dalam Recovery Mode
Masuk ke Dalam Recovery Mode
Kedua, setelah masuk ke dalam Recovery Mode. Kamu bisa melakukan “Wipe Cache” agar sampah yang ada di memory terhapus. Untuk melakukannya kamu bisa menekan tombol “ Volume Bawah + Power” secara bersamaan > Pilih menu “Advance” > Pilih “Wipe-Dalvik Cache” > Pilih menu “Mounts & Storage” > Pilih opsi “Wipe/Cache“.
Wipe Cahce
Wipe Cahce
Ketiga, selain kamu harus melakukan Wipe Cahce. Kamu bisa melakukan “Wipe Data/Factory Reset” agar seluruh permasalahan yang menyebabkan HP menjadi bootloop hilang. Untuk melakukannya kamu bisa menekan tombol “ Volume Bawah + Power” secara bersamaan > Pilih menu “Advance” > Pilih “Wipe Data” > Pilih opsi “Yes“.
Wipe Data
Wipe Data
Setelah mengatasi HP bootloop. Kita akan kasih tau kamu tips agar tidak terjadi bootloop lagi. Maka dari itu, yuk simak di bawah ini.

Tips Agar Tidak Terjadi Bootloop Lagi

1. Waspada Dalam Download Aplikasi

Waspada Download Aplikasi
Waspada Download Aplikasi
Tips pertama adalah waspada dalam men-download aplikasi. Ketika kamu ingin men-download pastikan terlebih dahulu aplikasi tersebut aman atau tidak.
Jika kamu asal dalam men-download aplikasi, Android kamu bisa bootloop. Agar tidak tertipu dengan aplikasi yang tidak aman.
Kamu bisa lihat dari nama pengembang aplikasi dan lihat dari rating maupun komentar yang diberikan dari setiap orang yang sudah men-download aplikasi tersebut.

2. Sering Membersihkan Cache/RAM

Membersihkan RAM Android
Membersihkan RAM Android
Tips selanjutnya adalah sering membersihkan cache/RAM. Setiap aplikasi pasti memiliki cache yang seharusnya kamu hapus.
Jika kamu tidak menghapus cache tersebut, maka akan membuat kinerja sistem Android menjadi maksimal.
Kamu dapat membersihkannya dengan melalui pengaturan atau menggunakan aplikasi pembersih RAM.

3. Jangan Pernah Merubah/Menghapus File Sistem

Menghapus File Android
Menghapus File Android
Tips terakhir adalah jangan sesekali untuk merubah ataupun menghapus file sistem. File sistem memiliki peran penting dalam kinerja Android.
Jika kamu merubah atau menghapus file sistem tersebut, maka Android kamu akan langsung jadi bootloop.