Cara Merawat Laptop yang Baru Beli

Cara Merawat Laptop yang Baru Beli
Cara Merawat Laptop yang Baru Beli Agar Awet dan Nggak Cepat Rusak. Jangan Cuma pintar Ngelap


Dulu, laptop dianggap sebagai benda mahal yang nggak bisa dimiliki semua orang, tapi sekarang tak lagi begitu. Mengingat kegunaannya yang cukup krusial, hampir setiap orang memiliki laptop untuk mempermudah pekerjaan mereka. Tak heran jika kini banyak produsen mulai mengeluarkan laptop dengan harga miring untuk menarik pasar. Meski begitu, kamu tetap harus membeli laptop yang sesuai dengan kebutuhan, sebab ada beberapa yang didesain khusus untuk menggarap pekerjaan atau diperuntukkan bagi penggemar hobi tertentu.
Cara merawat laptop agar awet dan tidak cepat rusak bisa dilakukan denga melakukan hal berikut:
1.    Perbaharui system operasi lebih rutin

Bagi pengguna Windows, kamu bisa mengaktifkan ‘Windows Update’ di menu Control Panel. Selain sistem operasi, kamu juga perlu memastikan kalau aplikasi yang terhubung dengan internet juga kamu perbarui, seperti Google Chrome misalnya.

2.    Jangan lupa pasang dan perbaharui software anti virus di laptop barumu secara berkala

Kalau nggak mau antivirus berjalan sebagai latar belakang secara real time, kamu bisa pakai MalwareBytes yang bisa otomatis memindai laptopmu tiap seminggu sekali. Atau kamu bisa mengatur scaning di software anti virus yang lain, SmadaV misalnya. Gunakan salah satu antivirus aja, ya!

3.    Pastikan kamu sudah menghapus Bloatware sebelum laptop mulai digunakan

Sebab, aplikasi bisa memenuhi memori internalmu meski nggak dipakai. Pasanglah Bulk Instaler supaya aplikasi Bloatware benar-benar bisa hilang dari sistem operasi laptopmu.




4.    Optimalkan daya baterainya dengan mengatur beberapa hal di laptopmu

Misalnya, mengurangi kecerahan layar dan menggunakan fitur Sleep atau Hibernete saat laptop sedang tak digunakan. Sepele tapi ternyata sangat berpengaruh ke ketahanan daya laptop lo!

5.    Cara merawat laptop dengan baik juga berarti mesti menjaga keamanannya

Pasanglah software anti pencuri dan aktfikan password di laptopmu. Bagi pengguna Windows, kamu bisa memanfaatkan fitur Find My Device jika sewaktu-waktu laptop hilang dan sulit ditemukan.

6.    Agar file yang disimpan di laptop selalu aman, kamu mesti mengaktifkan fitur backup otomatis

Umumnya, masing-masing sistem operasi punya software bawaan yang berbeda. Misalnya Windows 10 memiliki dengan System Restore atau Recovery Drive Creator. Atau, MAC dengan fitur Time Machine.

7.     Backup sudah aktif, kini saatnya kamu menambahkan penyimpanan Cloud.

Nantinya, Cloud akan sangat membantu jika suatu hari nanti laptop rusak atau dicuri. Setidaknya, jika pakai Cloud, data di dalam masih bisa kamu akses. Ada tiga layanan penyimpanan yang bisa kamu pakai, seperti Dropbox, Google Drive, dan One Drive.
8.     Cara merawat laptop baru lain yang bisa dilakukan ialah meminimalisir suhu panas di mesinnya 
Karena sirkulasi udaranya yang kurang bagus, laptop jadi lebih cepat panas ketimbang CPU maupun tablet. Makanya, kamu mesti memastikan laptop berada di suhu yang pas agar tak mengalami penurunan performa dan merusak hardisk internal. Nah, salah satu cara yang bisa kamu pakai ialah dengan menaruh cooling pad sebagai tatakan laptop.